22 April 2010

SISTEM PENDINGINAN SEPEDA MOTOR


Mesin adalah suatu alat
yang mengubah energi
panas menjadi energi
gerak , apabila mesin itu
bekerja secara terus
menerus maka akan
menghasilkan panas yang
luar biasa, oleh karena
itu mesin membutuhkan
pendingin agar mesin
tidak over heat dan
tetap pada suhu kerja (�
0 450°C). Sistem
pendinginan pada sepeda
motor yang sering
dipakai ada dua jenis,
yaitu sistem pendinginan
udara dan sistem
pendinginan cairan /
liquid.
Untuk sepeda motor
yang memakai sistem
pendinginan udara ,
mesinnya hanya
mengandalkan dari
hembusan angin yang
menerpa mesin biasanya
pada silinder dan kepala
silindernya dilengkapi
dengan sirip sirip yang
berfungsi untuk
melebarkan permukaan
pendinginan dan agar
mesin cepat melepas
panas. Perawatan sistem
pendinginan udara
sangat mudah, hanya
dengan memastikan
tidak ada kotoran yang
menempel pada sirip
silinder dan kepala
silinder yang dapat
menghambat proses
pelepasan panas mesin.
Untuk sepeda motor
yang menggunakan
sistem pendinginan
cairan / liquid , pada
mesinnya ada
penambahan beberapa
komponen tambahan
diantaranya radiator,
dan untuk perawatannya
juga diperlukan sedikit
lebih ekstra karena kita
harus mengecek dan
menambah cairan
radiator (radiator
coolant) serta mengecek
selang radiator dari
kebocoran.
Tips Pengisisan dan
penggantian radiator
coolant : sample motor
Vario
1. Pertama kita lakukan,
melihat pada lubang sirip
pada cover body sebelah
kanan, akan terlihat
tulisan Upper dan lower
pada tangki.
2. Jika memang sudah
pada batas lower, maka
lakukan pengisian
coolant.
3. Perhatikan pada saat
pengisian, harus selalu
melalui tutup radiator
tersebut, jangan sampai
melakukan pengisian
melalui lubang
penambahan direservoir
saja. Why ? karena jika
dilakukan pengisian
hanya pada reservoir
tank saja, maka saluran
pendinginan radiator
tidak akan terisi penuh
radiator coolant
tersebut, akibatnya
mesin akan over heat.
Pertama kita melakukan
pengisisian pada
radiator, baru kemudian
mengisi tangki reservoir.
4. Pada saat penggantian
radiator coolant, kondisi
mesin harus dalam
kondisi dingin,
Pembuangan radiator
coolant dilakukan
dengan membuka
sumbat penguras
dibagian bawah
reservoir. Seperti
terlihat pada gambar
dibawah.


Selain mengecek atau
menambah cairan
radiator (coolant), cairan
radiator juga
memerlukan
penggantian secara
periodik untuk
menghindarkan
terjadinya pengendapan
dan karat pada radiator,
radiator coolant
disarankan diganti setiap
10.000 km atau 1 tahun
mana yang lebih dulu
tercapai dan untuk
sepeda motor Honda
diwajibkan memakai
HONDA MOTORCYCLE
GENUINE COOLANT

16 April 2010

TIPS MEMILIH DAN MERAWAT BUSI.


Busi (spark plug) merupakan salah satu komponen kendaraan yang sering membuat orang bingung. Banyak pertanyaan yang muncul sekitar busi, meninggalkan banyak orang bingung. Maka pada tulisan ini saya coba menulis tentang busi, semoga bisa menolong orang yang masih bingung.
DASAR PENGETAHUAN MENGENAI BUSI
Busi memiliki dua fungsi utama
1. Memberikan pengapian pada campuran bahan bakar dan udara pada mesin
2. Mentransfer panas dari ruang bakar mesin
Untuk dapat memberikan pengapian, maka busi harus dialiri mendapatkan voltage listrik yang memadai dari sistem pengapian agar percikan api dapat tercipta pada gap busi. Hal ini dinamakan "electrical performance".
Suhu pada ujung busi harus cukup rendah untuk mencegah terjadinya pre-ignition, tapi cukup tinggi untuk menghindari fouling. Hal ini dinamakan thermal performance, dan ditentukan oleh rentang panas yang dipilih.
Busi dikatakan foul ketika insulator pada ujung busi terlapisi oleh bahan luar seperti bahan bakar, oli atau karbon.
Spesifikasi teknis dari busi dapat dilihat di sini.
BAGIAN-BAGIAN BUSI

Terminal
Bagian atas busi, berupa terminal yang dihubungkan ke sistem pengapian.
Insulator
Bagian utama dari insulator terbuat dari porselen (porcelain). Fungsi utamanya adalah untuk memberikan dukukan mekanis terhadap elektroda tengah, selain menginsulasi listrik tegangan tinggi.
Ribs
Dengan memperpanjang permukaan antara terminal tegangan tinggi dan metal case yang dibumikan (grounded) dari busi, maka bentuk fisik dari rib memberkan fungsi untuk meningkatkan insulasi listrik dan mencegah kebocoran energi listrik sepanjang permukaan insulator, dari terminak ke metal case.
Insulator tip
Ujung insulator, merupakan bagian dari metal body yang masuk ke dalam ruang bakar mesin, yang harus dapat menahan temperatur tinggi dan menjaga insulasi elektrik. Untuk mencegah elektroda kepanasan, maka bagian ini harus memiliki konduktifitas panas yang baik. Karena insulator porcelain tidak mencukupi, maka digunakan sintered alumunium oxide yang mempau bertahan pada suhu 650°C dan listrik 60,000 V.
Kompoisisi dan panjang dari insulator menentukan rentang panas dari busi. Insulator pendek disebut busi dingin, sementara insulator yang diperpanjang ke betal body disebut busi panas.
Berdasar kemampuan mentransfer panas, busi dibagi dalam dua tipe yaitu:
Busi Panas
Busi tipe panas adalah busi yang lebih lambat untuk mentransfer panas yang diterima. Cepat mencapai temperatur kerja yang optimal namun jika untuk pemakaian yang berat bisa terbakar. Biasa digunakan pada motor-motor standard untuk penggunaan jarak dekat.
Busi Dingin
Busi tipe dingin lebih mudah mentransfer panas ke bagian head cylinder. Biasanya digunakan untuk penggunaan yang lebih berat misalnya untuk balap atau pemakaian jarak jauh karena sifatnya yang mudah dalam pendinginan.
Masing-masing produsen busi menerapkan nilai rating panas yang berbeda. NGK memberikan rating panas sampai dingin dengan nilai dari 2 ~ 11, Denso menetapkan rating dari 9 ~ 37sedangkan Champion memberikan rating dari 1 ~ 25. Pada umumnya, pabrikan sepeda motor menggunakan busi dengan tipe medium misalkan untuk merk NGK menggunakan rating 6, 7 atau 8 dan untuk merk Denso menggunakan rating 22atau 24 karena penggunaan oleh konsumen yang bervariasi.


Seals
Seal ini mencegah kebocoran dari ruang bakar mesin.
Metal case
Metal case menanggung torque ketika memasangkan busi ke mesin, berfungsi untuk mengarik panas dari insulator dan menyalurkannya ke kepala cylinder, juga berfungsi sebagai ground bagi spark melalui center electrode ke side electrode. Karena fungsinya sebagai ground, maka metal case ini dapat berbahaya jika disentuh dalam kondisi pengapian.
Center electrode
Center electorde terhubung ke terminal melalui kabel internal dan serangkaian tahanan keramisk untuk mengurangi emisi gangguan radio yang dihasilkan dari pengapian. Ujungnya dapat terbuat dari kombinasi copper, nickel-iron, chromium, atau metal bernilai tinggi.
Side electrode, atau ground electrode
Side electrode terbuah dari nickel steel dan di patrikan di sisi metal case.
GAP BUSI
Busi biasanya didesain untuk memiliki jarak (gap) yang dapat disesuaikan oleh teknisi pemasang busi, dengan metode pembengkokan ground electrode, baik membuatnya mendekat atau menjauh dari center electrode. Setiap mesin akan membutuhkan gap yang berbeda. Biasanya sebuah mesin automobile akan memiliki gap 0.045''-0.070'' (1.2-1.8mm).
Jika salah menyetel gap, maka mesin dapat berjalan buruk, atau tidak berjalan sama sekali. Gap yang terlalu sempit akan menyebabkan pengapian terlalu kecil dan lemah untuk secara efektif membakar bahan bakar, sementara gap yang terlalu renggang akan menghalangi terjadinya pengapian. Hal ini biasanya tidak langsung terasa, tetapi akan terlihat dari berkurangnya kinerja mesin dan efisiesnsi bahan bakar.
Gap sempit :
Kekurangan : pengapian mungkin terlalu lemah atau kecil untuk membakar bahan bakar
Keuntungan : Busi selalu memercikan api pada setiap putaran mesin
Gap renggang :
Kekurangan : pengapian mungkin tidak terjadi pada kecepatan tinggi
Keuntungan : Pengapian kuat untuk pembakaran sempurna
KLASIFIKASI TIPE BUSI
Klasifikasi busi biasanya didasarkan oleh faktor-faktor sbb:
1. Jarak antara electrode tengah dengan insulator (ukuran volume gas). Busi tipe panas mempunyai volume yang lebih besar.
2. Konduktifitas thermal insulator dan electrode
3. Konstruksi electrode
4. Dimensi gap pada ujung electrode
MEMILIH BUSI
Pemilihan tipe busi yang sesuai didasarkan pada:
* Campuran bahan bakar yang digunakan
* Perbandingan kompresi.
* Ignition timing (waktu pengapian)
* Kualitas bahan bakar dan kadar oktannya.
* Kondisi pemakaian seperti untuk balap atau pemakaian sehari-hari
* Pola ulir pada kepala busi.
Berdasarkan keterangan diatas, maka penggantian busi dengan tipe yang berbeda dari spesifikasi standard harus disesuaikan. Tipe busi dapat diketahui dari kode yang terdapat pada sisi insulator.
Dicontohkan satu kode busi sbb:
BPR5ES-11 (NGK)
B : menandakan diameter ulir busi (B ~ 14 mm)
P : menunjukkan tipe insulator
R : tipe busi dengan resistor
5 : tingkat panas busi ( jika nilainya semakin besar berarti bertipe lebih dingin )
E : panjang ulir (19 mm)
S : tipe pengggunaan busi (S berarti standard)
-11 : Gap / celah busi yang direkomendasikan ( gap 1,1 mm)
W24ES-U (Denso)
W : menandakan diameter ulir busi (W ~ 14 mm)
24 : tingkat panas busi ( jika nilainya semakin besar berarti bertipe lebih dingin )
E : panjang ulir (19 mm)
S : tipe pengggunaan busi (S berarti standard)
U : konfigurasi gap busi
Untuk sepeda motor yang masih dalam masa garansi, diharuskan untuk menggunakan standard yang tertera pada data spesifikasi (owners manual)
MEMBACA KODE BUSI
Masing-masing busi memiliki kode. Cara membacanya bisa dilihat di sini.
ISTILAH :
TIPS
Penggunaan busi tidak hanya sebagai pembakar besin, tapi juga sebagai jendela mesin dan dapat digunakan sebagai alat diagnosa. Seperti termometer, busi akan memperlihatkan gejala-gejala kondisi mesin. Seorang teknisi yang berpengalaman akan mampu menganalisa kondisi busi untuk mencari akar masalah mesin. Bentuk-bentuk diagnosa kesalahan yang dapat terjadi pada busi dapat dilihat di sini.
Pola-pola kerusakannya bisa dilihat di sini.


MASALAH-MASALAH PADA BUSI
PRANATA LUAR :
1. Busi champion.
2. Busi NGK.
3. NGK Busi Indonesia.
4. Busi Denso.

15 April 2010

TIPS MEMBUAT MOTOR HONDA ANDA TETAP SEHAT


Hai.. sobat Honda! Saya mau bagi-bagi tips bagaimana membuat motor honda anda tetap sehat.
apa yang harus sobat Honda lakukan kalau motor tiba-tiba mogok.
Buat sobat Honda yang gak terlalu "akrab" sama mesin motor, tips ini pasti berguna banget.
Jangan panik adalah hal pertama yang harus sobat Honda lakukan. Kalo panik, kita jadi gak bisa berpikir secara jernih.
Cek tanki bensin. Ingat, cari SPBU resmi, bukan warung bensin pinggir jalan, untuk menghindari bensin campuran yang bikin motor kita tambah rusak.
Cek saluran bahan bakar, yang biasanya sering tersumbat kotoran atau kerak dari bahan bakar.
Cek karburator.
Gini caranya: Tutup saluran intake karburator dengan tangan sambil menyalakan motor. Kalo tangan terasa basah karena ada percikan bensin, berarti kondisi karburatornya masih bagus. Nahhh, kalo cuma sedikit percikan atau gak ada sama sekali, kemungkinan saluran karburator buntu karena ada kerak atau kotoran. Kalo begini, berarti motor sobat Honda harus segera dibawa ke AHASS terdekat untuk dibersihkan.
Cek juga kotoran yang menempel di filter udara, yang bisa menghambat masuknya aliran udara.
Busi.. busii!! Jangan lupakan yang satu ini ya... Lepas busi dari tempatnya, kalo busi harus diganti. Kalo gak ada percikan api dari kabel coil, cepeeet bawa motor sobat Honda ke AHASS terdekat. nyala berarti masalah bukan karena busi. Wahh, kalo busi gak nyala gimana ya?!
Ginii.. lepas busi dan isolator, jadi cuma berupa kabel dari coil. Trus, dekatkan kabel ke ground motor waktu dinyalakan. Kalo ada api memercik, kemungkinan busi yang gak bagus. Kalo gak ada percikan api dari kabel coil, cepat bawa motor ke AHASS supaya tau penyebabnya.
Nahh, selamat berkendara dengan tenang, ya guyss!!

PENGETAHUAN BAN MOTOR


Ban adalah peranti penting yang menutupi lingkaran suatu roda. Banyak hal penting dan mendasar yang perlu diketahui seputar ban. Mengenai perawatannya, agar ban tetap awet dan aman untuk dikendarai.
Bagaimana cara merawat ban agar lebih awet dan tahan lama?
Berikut beberapa tips untuk merawat ban :




1. Periksa tekanan angin dan kondisi fisik secara berkala.

2. Saat motor diparkir gunakan standard tengah untuk mengurangi tekanan pada ban pada posisi yang sama diwaktu yang lama.

3. Hindari kontaminasi dengan cairan - cairan kimia yang merusak,oli dan bensin segera bersihkan dengan air dan sabun jika terkena cairan tersebut.

4. Hindari kontak dengan sinar matahari dengan waktu yang lama karena akan membuat karakter karet ban berubah.

5. Demi keamanan, ganti ban yang sudah melewati batas TWI.
Tekanan angin ban tubeless berkurang secara tidak wajar padahal tidak tertusuk paku. Apa yang harus dilakukan?

1. Periksa apakah ukuran ban terhadap velg sudah sesuai.

2. Periksa valve terhadap kebocoran ganti jika perlu.

3. Periksa bibir velg yang bersentuhan dengan ban apakah masih mulus atau sudah rusak karena bengkok, cat terkelupas, ada benda asing, permukaan kasar atau ketidaksempurnaan lainnya, perbaiki/ganti jika perlu.

4. Periksa apakah ban pernah ditambal, jika ya cek kondisinya perbaiki/ganti ban jika diperlukan.

5. Periksa kondisi velg terhadap keretakan, jika velg pernah bengkok dan dipress ulang maka ada kemungkinan velg retak sehingga velg harus diganti.

6. Periksa apakah rim line sudah sejajar dengan bibir velg, perbaiki posisinya jika perlu.

Bagaimana cara menyimpan ban yang sedang tidak dipakai/dipasang pada motor dengan baik?

1. Pastikan ruangan terlindung dari sinar matahari dan UV.

2. Pastikan bahwa temperatur ruangan terjaga agar tidak terjadi perubahan suhu yang extrim secara terus menerus.

3. Penyimpanan jangan ditumpuk, sebaiknya didirikan satu persatu.

Dalam memasang ban ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi keselamatan pengendara dan keawetan ban diantaranya:

1. Gunakan peralatan yang tidak merusak ban atau velg.

2. Pastikan velg sejajar dengan rim line saat terpasang.

3. Pastikan arah putar sesuai dengan petunjuk.

4. Cek tekanan angin agar sesuai dengan standardnya.

5. Sesuaikan ukuran ban dalam terhadap ban luarnya.

6. Pastikan tidak ada benda asing seperti krikil tajam, beling atau paku di dalam ban.

7. Gunakan selalu rim tape untuk melindungi ban dalam dari tusukan spoke velg.

8. Pastikan bahwa posisi "Valve" ban dalam sesuai dengan tanda posisi "Valve" yang tertera pada ban.

9. Kencangkan mur ban dalam seperlunya.

10. Setelah mengganti ban belakang sejajarkan posisinya agar lurus terhadap ban depan untuk menghindari keolengan.

11. Setelah ban terpasang tarik beberapa kali tuas rem terutama rem hidrolik sampai terasa tekanan rem sudah kembali normal untuk menghindari terjadinya rem blong.

9 April 2010

Jer basuki mawa beya


Dalam Budaya Jawa ada
Unen-unen (kata-kata
bijak) salah satunya
adalah Jer Basuki Mawa
Bea

yang artinya kalau ingin
menjadi baik harus ada
biaya. Dan menurut saya
kata-kata bijak tersebut
relevan dalam kehidupan
manusia sehari-hari.

Contohnya kita
membangun rumah pasti
perlu biaya
ngakmungkin kita
bangun rumah tanpa
biaya kecuali dapat
hadiah rumah tapi itu
bukan membangun
rumah tapi dapat hadiah
rumah.
Bangunan rumah
itu juga dilihat dari biaya
berapa kita
menghabiskan
dana untuk membangun
rumah itu sendiri, kalau
kita bandingkan rumah
yang dibangun dengan
biaya
50 juta dengan bangunan
rumah yang dibangun
menghabiskan dana 500
juta maka jelas akan
lebih
baik yang bangunan
seharga 500 juta.

Banyak
juga contoh-contoh lain
seperti dalam bidang
kesehatan
saat ini ada program
pemerintah yang
berkaitan dengan
Program Kesehatan
untuk Rakyat miskin
(Askeskin) yang
digratiskan pelayanan
untuk rakyat miskin
namun kenyataan yang
ada dilapangan
program itu berbenturan
dengan dana yang
dianggarkan untuk
program tersebut
kadang pelayanan bagi
masyarakat yang
menggunakan kartu
seperti Askeskin kurang
maksimal dan untuk
tempat pelayanan
medis juga hanya
tempat-tempat tertentu
(kelas III)

coba
bandingkan bagi mereka
yang mempunyai
segepok uang dengan
membawa mobil
keluaran terbaru maka
pelayanan yang akan
diberikan pasti lain
disapa dengan ramah
ditawarkan tempat yang
termewah dan lain
sebagainya.

Contoh lain
adalah
program Pendidikan
Gratis, saya kira
Program Pendidikan
Gratis akan jadi
bumerang bagi dunia
pendidikan kita, karena
dengan program
pendidikan yang gratis
membuat pola pikir
masyarakat akan
terjadi perubahan
contoh seperti ini
kenapa kita harus pintar
dan pandai sekolah aja
gratis ngak bayar
yang penting bisa lulus
dapat ijazah (ini salah
satunya).
Lain kalau
sekolah membayar maka
Sekolah
yang menerima bayaran
tinggi akan berpikir
bagaimana dia
mencerdaskan anak
didiknya dan anak didik
yang membayar akan
berusaha untuk
bagaimana di bisa cerdas
seperti rekan-rekan yang
lainnya.

Sekali
lagi saya sampaikan
bahwa kalau kita mau
menjadi baik pasti harus
ada biaya tidaklah
GRATISSSSSSS ….