20 Februari 2010

MEMBANGUN KEPUASAN PELANGGAN

Nilai dan Kepuasan
Nilai adalah: Perkiraan konsumen tentang kemampuan total suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya. Nilai Terhantar pada Pelanggan adalah: selisih antara jumlah nilai bagi pelanggan dan jumlah biaya dari pelanggan. Dan Jumlah nilai adalah sekelompok keuntungan yang diharapkan pelanggan dari barang dan jasa tertentu Pelanggan biasanya akan memilih penawaran yang paling tinggi nilai terhantarnya, dengan harapan akan mendapatkan kepuasan.
Kepuasan adalah: Tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (atau hasil) yang dia rasakan dibandingkan dengan harapannya.
Kinerja di bawah harapan = KECEWA
Kinerja sesuai harapan = PUAS
Kinerja di atas harapan = AMAT PUAS
Bagaimana pembeli membentuk harapannya..?
Pengalaman
Komentar orang lain
Janji dan informasi dari pemasar
Informasi dari pesaing
dll
Bagaimana cara mengamati dan mengukur Kepuasan Pelanggan..?
Sistem Keluhan dan Saran
Survei Kepuasan Pelanggan
Ghost Shopping (Pembeli bayangan)
Apa indikator/ciri-ciri pelanggan yang puas...?
Membeli lagi
Loyal/tidak berpindah
Memberikan rekomendasi ke orang lain
Menghantarkan Nilai dan Kepuasan Pelanggan
♦ Rantai Nilai (Value Chain)
Proses penciptaan nilai bukan hanya tgjwb bagian pemasaran, namun semua bagian dlm perusahaan. Rantai nilai diwujudkan dlm 9 kegiatan penting: bahan baku, operasi, logistik keluar, pemasaran & penjualan, pelayanan. Infrastruktur, MSDM, Teknologi, dan pengadaan barang.
♦ Sistem Penghantaran Nilai
Perusahaan harus mencari keunggulan bersaing di luar rantai nilainya sendiri, sampai ke rantai pemasok, penyalur, dan akhirnya pelanggannya.
Eksekutif pemasaran masa kini, tidak boleh hanya berorientasi mendptkan keuntungan saat ini namun harus juga berfikir jauh ke depan.
Pola kemitraan saat ini dikembangkan untuk mendapatkan nilai yang tertinggi yang tidak mudah terkalahkan oleh pesaing.
MEMPERTAHANKAN PELANGGAN
Marketer harus berupaya agar pelanggan tetap loyal pada produk kita, tidak berpindah ke produk yang lain. Lebih efisien kita mempertahankan pelanggan 100 orang dr pada kita menciptakan 100 orang pelanggan baru lagi. Biaya menarik 1 pelanggan lebih besar dr pd mempertahankan 5 pelanggan lama.
4 Langkah Mengurangi Kehilangan Pelanggan:
1. Menetapkan dan mengukur tingkat bertahannya pelanggan
2. Membedakan berbagai penyebab hilangnya pelanggan dan menentukan penyebab mana yang bisa dikelola
3. Memperkirakan kehilangan keuntungan dari hilangnya pelanggan yang tidak perlu
4. Menghitung berapa biaya untuk mengurangi kehilangan pelanggan
Bagaimana cara mempertahankan pelanggan....???
Menyulitkan pembeli untuk berganti pemasok. Pelanggan tidak akan pindah ke pemasok lain jika biaya modalnya tinggi, biaya pencarian tinggi, potongan sebagai pelanggan setianya hilang, dll.
Memberikan kepuasan pelanggan yang tinggi sehingga pelanggan tidak mudah tertarik dengan tawaran lain dengan harga yang lebih murah.
Pemasaran Berdasarkan Hubungan dengan Pelanggan
Hubungan yang dijalin:
Biasa
Reaktif
Bertanggung jawab
Proaktif
Kemitraan
Bagaimana menciptakan nilai hubungan dengan pelanggan
Memberikan keuntungan finansial bagi hubungan pelanggan
Menambahkan keuntungan sosial, dengan memberikan pelayanan yang lebih pribadi. Tidak hanya sbg. pelanggan tetapi sebagai klien.
Menambahkan ikatan stuktural disamping finansial dan sosial. Misalnya menyediakan jaringan komputer pemesanan.

19 Februari 2010

KEUNTUNGAN MOTOR INJEKSI


Sepeda Motor Injeksi
Ada salah persepsi di masyarakat indonesia tentang motor yang menggunakan mesin injeksi, yang katanya ribet lah, lebih mahal lah. padahal kenyataannya motor dengan teknologi injeksi lebih irit 10% dalam konsumsi BBM dibanding motor berkarburator, soal perawatan juga mudah sekali karena tidak perlu bongkar dan stel karbu lagi, jika motor karburator butuh waktu servis selama 30 menit maka motor injeksi hanya butuh waktu 15 menit saja!.
Kenapa kok bisa lebih irit injeksi dibanding karburator?
Itu karena takaran yang diberikan selalu tepat. dari putaran bawah sampai atas perbandingan bensin-udara selalu ditakar pas, Menurut informasi dari Sarwono Edhi, Technical Service Training Manager PT AHM. dimotor injeksi banyak sensor yang mengatur kinerja mesin, debit bahan bakar dan udara bisa disesuaikan kebutuhan sesuai bukaan gas. keunggulan lain, jika motor karburator tergantung dari kondisi lingkungan, jika motor itu berada di tempat lebih tinggi, maka akan lebih boros. begitu juga sebaliknya. tetapi kondisi seperti ini tidak mempengaruhi motor injeksi. karena adanya sensor di motor injeksi buat membaca suhu lingkungan sekitar, jadi debit bahan bakar juga sesuai suhu setempat.
Perawatan mudah
Jika karbu ketika dibersihkan harus dibongkar sehingga membutuhkan waktu lama, belum lagi resiko karena sering dibongkar sehingga beberapa komponen jadi rentan aus,terutama skep pelampung. sedang untuk tipe motor yang menggunakan injeksi rentan waktu perawatan lebih lama, cukup 10-15 ribu kilometer sekali, itu pun cukup di semprotkan injector cleaner. bahkan jika kualitas bengsin yang digunakan bagus, sebenarnya injeksi tidak perlu diapa-apakan lagi. karena selain steril, AHM juga telah membackup dengan filter halus sebelum masuk ke injector biar lebih aman jelas Handy Hariko, Deputy GM Technical Service PT AHM.
Perbandingan
Supra x 125 dengan injeksi dan karburator, honda injeksi bisa mencapai 66 km/liter, dibanding dengan supra x 125 tipe karburator yang cuma sanggup melaju sejauh 59,3 km/liter.
sekarang jangan ragu lagi untuk memilih motor injeksi, silahkan tentukan pilihan anda...














LETAKKAN KODE ISI SCROLL BAR DI SINI

18 Februari 2010

CARA PERAWATAN KARBURATOR VAKUM

Karburator vakum alias CV (Constant Velocity) sudah jadi standar motor keluaran terbaru. Bisa dilihat pada Yamaha Mio, Honda Vario, Kawasaki Kaze ZX130, Suzuki Thunder, Suzuki Satria F-150. Teknologinya sudah mengikuti teknologi karburator mobil, pertimbangannya pasti soal konsumsi bahan bakar yang irit plus buka-tutup gas yang halus.
Tapi, kinerja karburator vakum bisa terganggu kalau salah perawatan, cara merawatnya berbeda dengan karburator konvensional. Misalnya tidak disarankan buka boks filter udara. Memang awalnya tarikan terasa lebih cepat, tapi kelamaan debu bisa menghambat gerakan skep. Skep di karburator vakum beda karena bahannya dari resin dilapis teflon. Bandingkan dengan skep yang umum dengan bahan logam berlapis krom. Gara-gara kena debu, skep jadi macet dan lama kelamaan lapisan teflon tergores, hasilnya motor susah langsam/nggak stabil.
Bagian lain yang tak kalah sensitif adalah karet karburator vakum. Posisinya ada di atas karbu dan ditutup lempengan besi. Waktu servis nggak perlu dibuka karena kalau sampai salah rakit sehingga karet terjepit maka dapat mengakibatkan kebocoran sehingga putaran mesin jadi ngaco. Karet vakum juga nggak boleh kena bensin. Bisa melar atau paling parah tidak bisa digunakan lagi. Harganya mahal Bro.
Buat yang biasa korek karburator konvensional dengan reamer atau memperbesar diameter venturi. Hal ini jangan dilakukan pada karburator vakum, resikonya skep bisa oblak yang bisa berakibat mesin susah hidup.
Karburator CV bekerja dengan tekanan udara dari crankcase dan intake. Jadi perhatikan kondisi selang vakum yang menuju karbu. Seumpama retak atau sobek, langsung ganti baru karena mesin bakal susah hidup. Kondisi karet pemegang karbu dan intake manifold tidak boleh ada kebocoran karena berimbas skep bakal susah naik. Termasuk klep masuk yang tak lagi rapat pun bisa bikin daya isap ke karbu vakum jadi melorot.
Jadi, hati-hati, teknologi baru, jangan sembarangan merawat, pelajari dulu.
Semoga tulisan ini berguna. Salam bikers.

14 Februari 2010

MEMILIH MAINAN UNTUK ANAK

Anak balita tanpa
mainan? Hal itu jelas
mustahil. Anak hidup
dengan bermain dan
belajar juga lewat
bermain. Membiarkan
tangan anak kosong
tanpa satu pun benda
dipegangnya untuk
dimainkan hanya akan
menjadi bumerang bagi
orang tua. Rewel dan
uring-uringan sangat
mungkin terjadi.
Lebih parah lagi jika
kemudian mereka
beralih menjadi “TV
mania”, yang kuat
berjam-jam di depan
televisi, sementara
tayangannya belum
tentu sesuai dengan usia
mereka.
Namun di tengah
membanjirnya produksi
mainan anak, orang tua
juga ternyata perlu
selektif memilihnya.
Beberapa kriteria perlu
diperhatikan agar
mainan yang kita berikan
pada anak-anak memiliki
nilai manfaat dan juga
aman bagi mereka.
Berikut ini kriteria
mainan dan permainan
anak yang bisa menjadi
acuan bagi orang tua:
- Berasal dari bahan yang
aman (tidak mengandung
racun)
- Bisa mengaktifkan saraf
motorik (motorik kasar
maupun motorik halus)
Contoh: balok-balok
kayu, bola berbagai
ukuran, gelas-gelas
plastik untuk di tumpuk,
manik-manik besar untuk
dironce, alat jahit
mainan, pasir dan air,
lempung mainan,
kelereng luncur, mobil-
mobilan yang bisa
ditarik, sepeda roda tiga,
ayunan, perosotan, dll
- Bisa mengaktifkan sisi
kognitif otak
Contoh: kartu-kartu
kata, kartu-kartu
gambar, PAS,
logico,puzzle (dari
kertas, kayu, atau bahan
sintetis), buku-buku
cerita, balok-balok
bongkar pasang, dll.
- Memungkinkan adanya
interaksi dengan anak
sebaya atau orang tua
Misalnya: bermain bola,
bermain lompat tali,
atau bermain tebak kata
dengan kartu-kartu.
Hindari sedapat mungkin
mainan yang
mempergunakan baterai
pada usia balita, karena
akan mengurangi
aktivitas motorik
mereka. Membiarkan
anak-anak berlarian di
halaman jauh lebih baik
daripada membiarkan
mereka hanya terduduk
melihat mobil-mobilan
elektrik berjalan dengan
bantuan remote control.
Semoga bermanfaat!

5 Februari 2010

Ke Pasar Ikan

Hari Minggu, hari Minggu ke Pasar Ikan

dengan ayah dengan ibu beserta paman

Kulihat ikan di dalam kolam

berbisik-bisik memberi salam


Lirik lagu Ke Pasar Ikan ini dipersembahkan oleh LirikLaguIndonesia.Net. Kunjungi DownloadLaguIndonesia.Net untuk download MP3 Ke Pasar Ikan.

Choose a color